-->

Breaking

Ubuntu 18.04 LTS, Tampilannya Kece!

Ubuntu 18.04 LTS, Tampilannya Kece!



Belum lama ini ubuntu telah merilis versi terbarunya yaitu Ubuntu 18.04 LTS, pasti anda sudan tau dimana versi LTS ini akan mendapatkan update pembaharuan paket paket dari Canoncial selama 5 tahun, berbeda dengan yang non-LTS dimana hanya mendapatkan pembaharuan selama 9 bulan.


Sebelumnya ubuntu telah meninggalkan antarmuka Unity pada versi Ubuntu 17.10 dimana pada versi ini ubuntu telah menggunakan antarmuka Gnome yang lebih fresh dengan beberapa keunggulan didalamnya, hingga akhirnya pada ubuntu 18.04 LTS ini sudah menggunakan antarmuka Gnome.

Fitur Baru Ubuntu 18.04

Berikut ini merupakan fitur terbaru dari ubuntu 18.04 LTS yang harus anda tau, dimana fitur ini sangat bermanfaat dan mempermudah anda dalam menggunakan ubuntu.

Installasi ubuntu 18.04

the ubuntu minimal install option.jpgthe ubuntu minimal install option.jpg

Pada installasi ubuntu 18.04 LTS terdapat pembaharuan opsi installasi dimana terdapat Normal Installation dan Minimal installation .

  1. Normal installation anda akan menginstallkan standar aplikasi yang biasanya di install pada ubuntu versi sebelumnya didalalmnya terdapat aplikasi dan game standar bawaan ubuntu.
  2. Minimal installation jika space pada hardisk anda kecil ataupun anda tidak ingin banyak aplikasi yang diinstall anda dapat memilih opsi ini, pada opsi ini yang akan di install hanya web browser dan basic utility.

Ubuntu Wizard


ubuntu welcome - page 1

Pada tampilan awal setelah anda melakukan installasi pada ubuntu 18.04 anda akan disuguhkan dengan tampilan seperti gambar di atas dimana pada tampilan awal ini ubuntu akan memberitaukan hal terbaru yang ada pada ubuntu 18.04 LTS ini, selain itu pada tampilan selanjutnya jika anda mengklik Next anda dapat mengaktifkan opsi Livepatch update, jika fitur ini di aktifkan anda akan mendapatkan  update patch tanpa harus melakukan restart, dan ada beberapa opsi lain lagi jika anda mengklik tombol next.

Gnome Desktop

Related image


Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya ubuntu telah meninggalkan tampilan Unity pada Ubuntu versi 18.04 LTS, dimana pada tampilan ini sudah lebih modern dan lebih kekinian dengan ditambahnya animasi dan transisi di setiap anda membuka menu maupun membuka aplikasi.
pada versi ini masih mempertahankan style dari Unity yang dimana dock berada di sebelah kiri dan jika anda perhatikan tidak jauh berbeda dengan tampilan untity pada ubuntu versi 16.04 LTS, tapi jika anda telah mengklik menu pada dash anda akan melihat perubahannya.
selain itu jika sebelumnya jika anda ingin merubah posisi dock yang ada di sebelah kiri berpindah ke bawah anda harus sedikit mengoprek sistem ataupun menginstallkan tampilan supaya dock pindah ke bawah, namun pada ubuntu versi 18.04 LTS ini anda sudah dapat menemukan opsi untuk mengatur dock ke bawah dan ke kanan pada  menu setting .

Auto Update

jika biasanya anda harus melakukan perintah update setelah menambahkan repository PPA pada saat akan melakukan install aplikasi , pada ubuntu 18.04 LTS ini anda tidak perlu melakukan update secara manual, pengembang telah menghilangkan perintah apt update karena dianggap menjadi fungsi redundant. jadi sekarang anda hanya perlu memasukan repository PPA dan secara otomatis juga akan melakukan update, jadi sekarang anda hanya perlu menggunakan perintah sudo apt install  app jika repository PPA sudah di masukan.

Login Screen


yah pada login screen anda akan mendapatkan antarmuka yang baru, tampilan nya seperti gambar di atas, tampilan di atas menurut saya lebih menarik karna sudah dibalut dengan antarmuka Gnome , dan pada bagian lockscreen anda dapat merubah gambarnya sesuai dengan keinginan anda.

Gnome 3.28

Pada ubuntu 18.04 LTS ini menggunakan Gnome versi 3.28 dimana sudah ada fitur baru seperti
  1. Night Light (Modem malam, jika anda aktifkan layar anda akan kekuningan)
  2. On Screen Keyboar
  3. Thunderbolt 3 support
  4. Media player control Message tray
  5. Wacom Graphic improvements
pada Gnome 3.28 anda masih dapat menambahkan icon pada desktop anda.

Application

Aplikasi yang di bawa pada ubuntu 18.04 LTS ini sudah up to date diantaranya ialah :
  1. Firefox 59.0.2
  2. Thunderbird 52
  3. Nautilus (aka ‘Files’) 3.26
  4. LibreOffice 6.0.3
  5. Totem (aka ‘Videos’) 3.28
  6. Rhythmbox 3.4.2
  7. Remmina 1.2.0
  8. Shotwell 0.28

Ubuntu 18.04 LTS System requirements

2GHz dual core processor (or better)
2GB RAM
25GB of free hard drive space
DVD drive or USB port for install
Internet access
Untuk menggunakan ubuntu 18.04 LTS ini jika murni ubuntu saya sarankan menggunakan RAM sebesar 4GB ke atas karna untuk antarmuka Gnome yang lumayan berat, namun jika anda memiliki ram 2GB anda dapat menginstallkan ubuntu 18.04 versi Mate.

Download Link

Jika anda sudah tidak sabar ingin mencoba ubuntu 18.04 LTS ini anda dapat mengunduhnya di link di bawah ini.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact