-->

Breaking

Cara mengatur kipas yang benar pada Casing PC

Cara mengatur kipas yang benar pada Casing PC


1. AIRFLOW & AIR-PRESSURE

A. Negative Airflow/Pressure

Quote:
Ringkasnya, adalah membuat udara di dalam casing agar segera keluar. Bagaimana? Dengan cara mengatur kipas-kipas di dalam casing lebih banyak berperan sebagai exhaust.
Teorinya, dengan banyaknya kipas exhaust maka tekanan udara di dalam casing jadi lebih rendah. Sehingga udara di luar casing akan masuk ke dalam casing (baik melalui kipas intake, maupun semua celah/lubang yang ada di casing)

(+) Udara panas hasil dari kerja VGA, mobo dan prosesor bisa segera keluar dari casing.
(+) Cocok untuk ruangan non-AC
(+) Suhu dalam casing lebih adem dan cocok untuk overclocker

(-) Menyedot debu lebih banyak (Kenapa[b]? Karena daya sedot (pull) dari kipas exhaust ditambah daya dorong (push) dari kipas intake akan membuat udara luar masuk semua ke dalam casing.)
(-) Celah-celah yang ada di casing akan ber-kontribusi untuk menyedot debu juga
(-) Filter di kipas intake tidak akan banyak berpengaruh menyaring debu. Karena debu akan tetap masuk dari celah yang ada di casing.

B. Positive Airflow/Pressure

Quote:
Ringkasnya, memberikan suplai udara segar ke dalam casing dan menghalangi debu bersarang di dalam casing. Bagaimana? Dengan mengatur kipas-kipas di dalam casing agar lebih berperan sebagai [b]intake
Teorinya, dengan banyaknya kipas intake maka tekanan udara di dalam casing jadi lebih tinggi. Sehingga udara di dalam casing akan berusaha mencari jalan keluar dari casing (baik melalui kipas exhaust, maupun celah/lubang di casing)

(+) Hardware PC akan terjaga dari debu dan kotoran
(+) Lebih optimal hasilnya bila berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik/stabil (ruangan ber-AC)
(+) Cocok untuk user gamer atau user umum

(-) Butuh filter untuk kipas intake
(-) Butuh kipas dengan kinerja baik untuk intake dan exhaust




Selain itu, positive air pressure lebih mengoptimalkan pembuangan panas dari (misal) GPU/video card, karena udara panas yg mengalir kembali ke dalam casing dapat dicegah..





C. Balanced Airflow/Pressure

Quote:
Ringkasnya, menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar casing. Bagaimana? Dengan mengatur agar kipas intake dan exhaust seimbang fungsinya. Caranya? Mengukur tekanan (besarannya: CFM) dari masing-masing kipas.
Teorinya, dengan imbangnya antara kipas intake dan exhaust maka suhu dalam casing menjadi netral.

(+) Udara panas dari hardware lekas keluar
(+) Suplai udara segar juga terjaga
(+) Cocok untuk para "perfeksionis"

(-) Mengukur CFM tidak mudah, karena spek kipas biasanya beda dengan keadaan saat dipakai. Bahkan dengan spek kipas yang sama pun, belum tentu bisa terwujud.
(-) Debu atau kotoran tetap bisa masuk walau minim


Contoh penerapan airflow/pressure yang umum oleh para pengguna PC:




Note: intake warna biru, exhaust warna merah

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact