-->

Breaking

Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Tips Memilih Laptop Gaming yang Tepat




Kebanyakan gamer lebih memilih PC gaming untuk memuaskan hasratnya dalam bermain game. Tidak mengherankan memang mengingat desktop PC lebih mudah untuk diupgrade dan mampu digunakan dalam jangka waktu lama. Namun bukan berarti laptop tidak mampu digunakan untuk gaming. Dewasa ini banyak varian laptop yang sangat powerful dalam memainkan game, bahkan tidak sedikit pula yang secara khusus memang dirilis sebagai laptop gaming.



Perhatikan GPU dengan Seksama




Jika kamu ingin mencari laptop untuk keperluan gaming, GPU (Graphic Processing Unit) adalah komponen yang perlu mendapatkan perhatian utama. GPU sangat penting untuk mengolah grafis 3D di game yang kamu mainkan. Jadi pastikan kamu memilih laptop dengan GPU yang paling bagus, paling besar, dan paling cepat yang bisa kamu dapatkan.

Saat ini hanya ada dua manufaktur GPU yang powerful digunakan untuk gaming, yaitu AMD dan Nvidia.

Sebenarnya tidak sedikit laptop yang dilengkapi dengan GPU Intel, tetapi GPU ini lebih ditujukan untuk produktivitas dan aktivitas kerja. Jadi kalau tujuan kamu gaming, sebaiknya coret laptop dengan GPU Intel dari daftar pilihan kamu.

Jadi jika ada beberapa daftar laptop gaming di pilihan kamu, pastikan kamu memilih laptop dengan GPU yang serinya paling tinggi. Misalnya saja laptop dengan GPU GeForce GTX 990M bakal menjadi pilihan yang lebih bagus daripada laptop dengan GPU GeForce GTX 880M, dan begitu pula seterusnya. (BACA : perhatikan 5 hal seputar vga sebelum anda membelinya)

Beberapa laptop juga dilengkapi dengan dual GPU yang tentu saja lebih powerful daripada single GPU. Intinya adalah jika kamu memilih laptop gaming, pastikan kamu memberi perhatian lebih kepada GPU.

CPU Itu Penting, Tetapi Bukan Prioritas

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat 

Di laptop gaming GPU merupakan komponen dengan prioritas paling utama. CPU juga penting, tetapi untuk gaming posisinya tidak sekrusial GPU.
CPU dengan clock yang lebih cepat dan core yang lebih banyak tentu saja bakal jauh lebih powerful untuk digunakan encoding video, desain animasi, bahkan editing foto. Tetapi untuk gaming selama dia sudah memenuhi system requirement suatu game maka kelebihan performa CPU tidak akan begitu berpengaruh ke lancar tidaknya game yang dijalankan.

Contohnya saja kita lihat di notebook Alienware. Alienware paling bawah menggunakan Intel Core i5 dual-core 2.6GHz, di tengah menggunakan Intel Core i7 quad-core 2.9GHz, dan di paling atas menggunakan Intel Core i7 quad-core 3.1GHz.
Harga Alienware dengan processor 3.1GHz hampir 10 juta lebih mahal daripada seri 2.9GHz, dan ini merupakan upgrade yang kurang begitu perlu. Alienware dengan processor 2.9GHz sudah bisa menjalankan hampir semua game populer saat ini.
Jadi jika tujuan kamu membeli laptop hanya untuk gaming, bijak-bijaklah dalam memilih seri processor agar budget bisa dialihkan untuk komponen lain yang lebih prioritas seperti GPU.

RAM: 8GB Cukup

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat 

 

Perhatikan berapa kapasitas RAM yang cukup dan sesuai keperluan. Banyak orang membeli RAM hingga 16GB karena berharap performa yang jauh lebih powerful saat nge-game. Namun untuk saat ini RAM 8GB sudah cukup dan mumpuni untuk memainkan mayoritas game. Bahkan RAM 16GB mungkin tidak begitu memberikan keuntungan lebih jika digunakan untuk memainkan game populer saat ini.
Daripada menggunakan budget untuk RAM 16GB, lebih bijak jika kamu menggunakannya untuk mendapatkan GPU yang lebih powerful atau SSD yang lebih cepat.

SSD Mampu Meningkatkan Performa

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat 

 

Laptop gaming memang tidak harus menggunakan SSD (Solid-State Drive), tetapi SSD mampu meningkatkan performa gaming khususnya untuk load dan kecepatan game.

Hal ini dikarenakan SSD menggunakan memory chip dan tidak menggunakan plat mekanik seperti di hardisk konvensional. Hasilnya kecepatan read-write data bakal jauh lebih cepat.
Tetapi ingat, SSD tidak akan membuat frame rate game menjadi lebih cepat, tetapi bisa membuat game yang kamu mainkan lebih responsif karena proses read-write nya yang cepat.

Kamu juga perlu memperhitungkan storage yang kamu butuhkan mengingat dengan harga yang sama kapasitas SSD saat ini masih jauh dibawah hardisk konvensional.

Resolusi Layar Mumpuni

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat
Untuk saat ini laptop dengan resolusi layar 1920 x 1080 sudah lebih dari cukup untuk menampilkan gambar grafis game yang memuaskan. Layar IPS sebenarnya jauh lebih jernih dan tajam saat digunakan untuk ngegame, tetapi harganya masih cukup mahal.
Jadi untuk layar kamu bisa memilih laptop dengan layar LCD beresolusi 1920 x 1080. Untuk saat ini itu sudah sangat cukup dan mumpuni.

Keyboard Standard

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat
Memang beberapa laptop gaming dilengkapi dengan keyboard khusus yang seringkali terlihat keren, dengan warna nyala mencolok yang membuat makin terlihat gahar.
Namun sebenarnya semua itu tidak begitu diperlukan. Laptop dengan keyboard standard juga tidak masalah dipilih sebagai laptop gaming.

Memiliki Berat dan Ukuran yang Lebih

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat
Biasanya laptop gaming yang powerful akan memiliki berat dan ukuran yang lebih dibandingkan laptop kebanyakan. Hal ini karena laptop tersebut memiliki GPU yang besar atau bahkan dilengkapi dual GPU.
Laptop itu juga dibuat besar untuk memastikan sirkulasi udara dan pendinginan terhadap panas dari GPU dan komponen laptop lainnya bisa lancar.
Meskipun hal ini tidak bisa menjadi acuan murni, tetapi biasanya semakin kecil dan tipis laptop maka semakin kurang powerful dia untuk digunakan bermain game. Setidaknya jika ingin membeli laptop gaming, pilihlah laptop yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.
Dengan laptop yang kecil, tipis, dan sirkulasinya kurang bagus, maka laptop tersebut akan menjadi mudah overheat saat digunakan untuk menjalankan game-game berat dalam waktu lama.

Jangan Berharap Mudah Upgrade

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Berbeda dengan desktop PC, laptop memiliki opsi upgrade yang lebih terbatas. Kamu memang bisa mengupgrade RAM atau hardisk, tetapi jarang ada laptop yang menyediakan opsi untuk upgrade processor dan GPU.
Untuk itu pastikan kamu memilih laptop gaming dengan spesifikasi GPU dan CPU yang mampu digunakan hingga beberapa tahun kedepan. Kamu juga tidak perlu memusingkan untuk memilih laptop tersebut mudah diupgrade atau tidak, karena jika fleksibilitas upgrade yang kamu cari maka desktop PC menjadi pilihan yang paling tepat.


 



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact