-->

Breaking

Cara Mengkoneksikan Printer yang di sharing (Elementary OS)

Cara Mengkoneksikan Printer yang di sharing (Elementary OS)


Jika biasanya anda mengkoneksikan printer yang di sharing melalui menu network sharing printer, maka anda tidak akan menemukan menu tersebut pada Elementary Os silahkan anda buka aplikasi printers dan anda tidak akan menemukan Network Sharing Printers .

kemudian bagaimana caranya supaya Elementary Os dapar terkoneksi dengan printer yang di sharing dari windows atau linux ?



untuk caranya sangat mudah untuk membuka aplikasi printers yang lama. silahkan buka terminal kemudian ketikan perintah berikut.

system-config-printer



Disana anda sudah menemukan menu Network Printer, untuk menambahkan printer yang di sharing anda dapat menggunakan pilihan "Find Networkk Printer" atau "Windows Printer Via Samba"

Untuk contoh kali ini saya akan menggunakan "Windows Printer Via Samba" karena Printer di sharing dari komputer yang menggunakan Sistem Operasi Windows.

Note: Sebelumnya anda akan menginstallkan beberapa aplikasi samba yang di butuhkan jadi pastikan anda terhubung dengan internet.



Klik pada Browse kemdian silahkan cari nama komputer yang meng-sharing printer yang anda tuju, kemudian nanti anda akan di minta untuk memasukan username dan password dari komputer yang di tuju, jika sudah benar klik OK.


JIka printernya sudah terdeteksi maka akan ada alamat pada kolom smb kemudian klik "Forward"


Pada tahap ini silahkan anda cari jenis/merek printer yang di sharing ketikan forward untuk melanjutkan.


JIka printer yang di tuju sudah benar klik Apply untuk menyimpan Printer.


Jika semuanya sudah benar silahkan anda coba untuk "Print Test Page" selamat elementary OS anda sudah terkoneksi dengan printer yang di sharing.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact