-->

Breaking

Memaksimalkan Casing CPU

Memaksimalkan Casing CPU


Casing CPU merupakan Benda yang penting yang di gunakan untuk meletakan semua komponen komputer , komputer yang baik adalah jika casing nya rapih dan fungsional tidak berantakan .

berikut ini adalah beberapa cara untuk memaksimalkan Casing CPU anda.


AIRFLOW & AIR-PRESSURE
Airflow & Air-Pressure ini terbagi menjadi 3, yaitu :
- Negative Airflow/Pressure
Artinya adalah membuat udara di dalam casing agar segera keluar. Bagaimana? Dengan cara mengatur kipas-kipas di dalam casing lebih banyak berperan sebagai exhaust.
Teorinya, dengan banyaknya kipas exhaust maka tekanan udara di dalam casing jadi lebih rendah. Sehingga udara di luar casing akan masuk ke dalam casing.
- Positive Airflow/Pressure
Artinya adalah memberikan suplai udara segar ke dalam casing dan menghalangi debu bersarang di dalam casing. Caranya engan mengatur kipas-kipas di dalam casing agar lebih berperan sebagai intake
- Balanced Airflow/Pressure
Artinya adalah menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar casing. Caranya dengan mengatur agar kipas intake dan exhaust seimbang fungsinya.
Teorinya, dengan imbangnya antara kipas intake dan exhaust maka suhu dalam casing menjadi netral.




POSISI USB PORT YANG BAIK
Posisi port USB sangatlah penting, apakah posisi usb port sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak saling mengganggu dengan port sebelahnya atau malah membuat port sebelahnya menjadi tidak bisa terpakai.


PENGARUH KASA/GRILL/MESH KIPAS TERHADAP ALIRAN UDARA
Untuk keamanan, kipas pada casing komputer diberi kasa atau mesh atau grille pengaman. Dulu pengaman kipas ini dibuat dari kawat, tapi sekarang umumnya hanya berupa lubang-lubang yg dipotong langsung dari casing. Bentuk lubangnya bisa bermacam-macam, ada yg hexagonal, segi empat, bundar, dan bentuk-bentuk lainnya.




PENEMPATAN PSU PADA CASING
Ada casing yang menempatkan posisi PSU di bagian atas, dan ada juga yang berada di bagian bawah.
- Posisi PSU di bagian atas casing
Dengan posisi ini, PSU bisa difungsikan sebagai exhaust casing. konsekuensinya, udara panas yang diambil oleh kipas PSU dari dalam casing menyebabkan suhu udara dalam PSU menjadi tinggi. Ada dua pendapat tentang hal ini, yaitu :
Pertama, tidak masalah jika PSU dapat asupan udara panas dari dalam casing, karena memang pada dasarnya PSU adalah hotbox.
Kedua, asupan udara panas dari dalam casing tidak baik untuk PSU karena dengan suhu yang tinggi, efisiensi PSU bisa terpengaruh.
- Posisi PSU di bagian bawah casing
Dengan posisi ini, PSU bisa diposisikan sebagai exhaust yang menyedot udara panas dari casing atau bisa juga diposisikan untuk mengambil udara dingin dari luar casing. Posisi yang disebut terakhir lebih menguntungkan karena PSU bisa didinginkan oleh asupan udara dari luar casing sehingga temperatur kerjanya tidak terlalu tinggi.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact